01/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Ancaman Pidana Bagi Pengendara Mobil Viral Halangi Ambulans

3 min read

Laju Berita – Ancaman pidana bagi pengendara mobil yang viral menghalangi laju ambulans di Jakarta Selatan, Pondok Indah. Pengendara itu terduga sudah melanggar aturan karena tidak memberikan prioritas kepada kendaraan yang memperoleh hak utama.

Video pemobil yang menghalangi perjalanan ambulans itu beredar di media sosial. Mobil berwarna putih kelihatan bergerak lambat meski terdengar sirine ambulans menyala.

Atas hal itu, sejumlah orang menghampiri si pengendara mobil putih tersebut. Bahkan, sopir ambulans disebut menjadi salah satu orang yang marah dan mendatangi pemobil tersebut.

Kasat Lantas Polres Jakarta Selatan, Kompol Sri Widodo, mempersilakan jika ada pihak yang merasa dirugikan untuk melapor ke polisi. Polisi akan bergerak mengusut peristiwa tersebut setelah menerima laporan.

BACA JUGA : PNS Cantik di Sulawesi Tenggara Diciduk, Sambil Edarkan Sabu

“Belum ada laporan. Nanti kalau sudah ada, saya koordinasikan apa ada kasus itu dan langkah terbaiknya seperti apa,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengatakan kendaraan pribadi yang menghalangi laju ambulans bisa dikenai hukuman pidana. Pengendara itu disebut melanggar Undang-Undang Lalu Lintas Pasal 287 ayat 4.

“Kendaraan tersebut dapat ditilang dan dikenai Pasal 287 ayat 4 dikarenakan pelanggaran tidak memberikan prioritas kepada ranmor yang memperoleh hak utama,” kata Sambodo ketika dihubungi wartawan, Jumat (21/8)

“Diancam kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu pada kendaraan tersebut,” sambung Sambodo.

Dinkes DKI Jakarta juga menyatakan pemobil yang menghalangi ambulans bisa dijerat pidana. Sebab, tindakan menghalangi perjalanan ambulans bisa membahayakan nyawa seseorang.

“Apalagi kalau sengaja menghalangi, itu tidak boleh. Kita kan dalam kondisi darurat, sementara kalau kita lihat dari videonya seperti sengaja berhenti, sengaja menghalangi, tindakan tidak terpuji. Dan saya pikir itu berpotensi pidana karena bisa menyebabkan orang lebih parah atau bahkan menyebabkan orang jadi meninggal dunia. Membahayakan nyawa pasien,” kata Kepala UPT Ambulans Gawat Darurat Dinkes DKI, drg Iwan Kurniawan, saat dihubungi, Jumat (21/8).

BACA JUGA : PNS Cantik di Sulawesi Tenggara Diciduk, Sambil Edarkan Sabu

Iwan menyesalkan kejadian tersebut karena ambulans harus mendapatkan prioritas di jalan. Dia mengatakan jika ambulans menyalakan sirine artinya sedang dalam perjalanan penting.

“Kalau ada ambulans lewat menyalakan sirine, itu artinya dalam kondisi darurat, sedang membawa pasien atau ingin menjemput pasien,” ujarnya.

Iwan berharap peristiwa serupa tidak berulang. Dia juga berharap masyarakat semakin teredukasi dan memberi prioritas bila ada ambulans melintas.

Jika merujuk pada aturan yang berlaku, mobil ambulans mesti mendapatkan hak utama jalan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 1993, Pasal 65 Ayat 1, mobil ambulans yang mengangkut orang sakit wajib didahulukan diberi jalan.

Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 134 mengatur ada beberapa pengguna jalan yang memperoleh hak utama. Menurut undang-undang itu, pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sesuai dengan urutan berikut:

a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;

b. Ambulans yang mengangkut orang sakit;


c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;


d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;


e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;


f. Iring-iringan pengantar jenazah; dan


g. Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.