19/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

[TEKNO] Amerika Incar Aplikasi China Selain TikTok dan WeChat

2 min read
[TEKNO] Amerika Incar Aplikasi China Selain TikTok dan WeChat

Laju Berita – Tidak sebatas TikTok dan WeChat, Pemerintah Amerika Serikat tidak akan berhenti mencekal aplikasi yang berasal dari Negara China. Hal tersebut dikatakan oleh penasihat Donald Trump, Peter Navarro.

TikTok dan WeChat sudah pasti akan dilarang beroperasi di Negeri Paman Sam, kecuali aplikasi mereka dijual pada perusahaan AS. Tindakan serupa bukan tidak mungkin nantinya juga diberlakukan pada aplikasi China yang lain.

Navarro pada South China Morning Post mengatakan bahwa Negara Amerika Serikat tidak akan menggunakan aplikasi yang dibuat di China atau aplikasi yang bisa mengambil data AS dan menuju server yang ada di China.

BACA JUGA : Pengusaha Rongsokan Dibacok Tetangga Akibat Menolak Pekerjaan

“Dan hal itulah yang merupakan posisi kebijakan yang telah kami lakukan pada TikTok dan WeChat. Dan akan ada lagi apliaksi lain, karena Negara China pada dasarnya mencoba mengambil teknologi serta pengaruh menuju ke seluruh dunia,” ungkap Navarro.

Langkah tersebut dipastikan akan semakin membuat perang perdagangan antara China dan AS semakin panas. Bahkan diketahui belum ada tanda-tanda mereda sama sekali. Upaya AS dinilai cukup berhasil di mana TikTok sudah hampir dapat dipastikan jatuh menjadi perusahaan AS. Di mana kandidat terkuat pembelinya adalah Microsoft.

Navarro juga menyatakan kalau Washington memang ingin menciptakan ‘Tembok Besar’ antara AS dengan China mengenai transfer data. Agar informasi dari AS tidak jatuh ke tangan China. Atas hal tersebut pemerintah China sudah berulangkali mengkritik aksi AS tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian berkomentar bahwa hal yang dilakukan AS tersebut adalah taktik bully ekonomi dan manipulasi politik yang dimainkan Amerika pada perusahaan-perusahaan non Amerika.

Bulan lalu, presiden Donald Trump juga memastikan bahwa Gedung Putih sedang mempertimbangkan untuk melarang aplikasi asal China lainnya selain TikTok dan WeChat.

“Kami mengawasi hal-hal lain. Ya, memang demikian,” sebut Trump ketika itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.