20/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

6 Cara Untuk Mencegah Pembengkakan Jantung

2 min read
6 Cara Untuk Mencegah Pembengkakan Jantung

6 Cara Untuk Mencegah Pembengkakan Jantung

LajuBerita.news – Kardiomegali atau pembengkakan jantung merupakan kondisi membesar atau membengkaknya jantung yang disebabkan hipertensi, penyakit arteri koroner, infeksi, kelainan bawaan, dan kardiomiopati. Pembengkakan jantung ringan tidak selalu menimbulkan gejala, banyak orang yang tidak menyadari masalah tersebut.

Namun, pembengkakan permanen harus dilakukan perawatan untuk mencegah kerusakan yang lebih serius terhadap jantung. Perawatannya termasuk pengobatan, tindakan pembedahan, dan perubahan gaya hidup.

Dikutip dari Medical News Today, pembengkakan jantung bisa dicegah dengan konsultasi ke dokter, terutama jika gejala atau ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga

BACA JUGA : 10 Manfaat Rutin Meminum Air Hangat di Pagi Hari

Berikut enam cara mencegah pembengkakan jantung yang dikutip dari berbagai sumber

1. Berhenti merokok

Jika kamu adalah seorang perokok, maka berhentilah merokok. Kebiasaan merokok bisa memengaruhi kesehatan jantung.

Merokok bisa membuat bahan kimia yang ada di dalam jantung menempel pada dinding arteri. Hal itu membuat tersumbatnya aliran darah ke jantung hingga menyebabkan serangan jantung.

2. Mengontrol gula darah

Penderita diabetes harus mengelola gula darah, karena gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan dan menyebabkan pembengkakan jantung. Kepala kardiologi Prohealth Care di New York dr Steven M Goldberg mengatakan pengobatan diabetes banyak mengalami kemajuan saat ini, hal itu bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA : [ZODIAK] 4 Zodiak Yang Membuat Pasangan Prianya Gemas Sendiri

“Saat ini kami memiliki obat baru yang telah terbukti mengurangi risiko gagal jantung hingga 35 persen. Obat-obatan ini tidak hanya mengobati diabetes,” ujarnya.

3. Pola makan yang sehat dan berolahraga

Pola makan yang benar dan aktivitas fisik seperti olahraga adalah bagian dari gaya hidup sehat. Pola makan yang sehat mencakup berbagai makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

Lakukan juga olahraga secara rutin dan sesering mungkin per minggu agar jantung tetap sehat. Olahraga intensitas sedang yang bisa dilakukan di antaranya jogging, bersepeda, senam jantung, berjalan kaki, dan yoga.

4. Pilih makanan yang rendah lemak

Konsumsi makanan rendah lemak jenuh untuk mencegah pembengkakan jantung. Pilihan makanan sehat termasuk daging tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit, ikan, kacang-kacangan, serta susu dan produk susu yang rendah lemak.

5. Kurangi asupan garam dan gula

Kurangi asupan makanan yang banyak mengandung garam dan gula. Terlalu banyak garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

6. Konsumsi makanan yang menyehatkan jantung

Konsumsi makanan tertentu bisa membantu menyehatkan jantung dan mencegah pembengkakan jantung. Makanan tersebut di antaranya bayam, kale, sawi, biji-bijian, beri, alpukat, salmon, sarden, tuna, kacang-kacangan, cokelat, tomat, dan bawang putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.