19/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

[GIM] 5 Game Dilarang Oleh Pemerintah Cina, Karena Budaya Amerika

3 min read
[GIM] 5 Game Dilarang Oleh Pemerintah Cina, Karena Budaya Amerika

Laju Berita – Daya tarik dari video game adalah kemampuan untuk membuat. Pemain bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan pada dunia nyata.

Video game sering sekali dibuat dengan sangat imajinatif. Karena cerita dan permainan di dalamnya terkadang di setting seperti dengan sedikit twist.

Tidak semua negara menganggap setting dan cerita dalam permainan game. Terkait negara mereka sebagai sesuatu yang layak, dan mengakibatkan larangan beredar game itu.

5 Game Yang Dilarang Di Cina

Battlefield 4 (PlasStation 3, Xbox360, Playstation 4, Xbox One & PC)

Permainan Game FPS yang satu ini tergolong game yang sukses secara komersil. Battlefield 4 berhasil terjual hingga 7 juta copy di seluruh dunia.

Sayangnya, pemain game di China harus rela untuk tidak memainkan game buatan EA yang satu ini karena pemerintah China melarang game ini untuk diedarkan di negara mereka.

Alasan game ini dilarang adalah Battlefield 4 karena dianggap menjelek-jelekkan image China di dalamnya.

Pemerintah China sampai mengungkapkan bahwa game ini adalah salah satu bentuk invasi budaya terhadap China.

Comand & Conquer Generals (PC & Mac)

Permainan Game RTS yang satu ini merupakan bagian dari franchise game RTS legendaris Command & Conquer yang diterima dengan baik di pasaran.

Di dalam game ke 7 dari seri Command & Conquer ini pemain bisa memilih 3 faksi untuk dimainkan yaitu Amerika Serikat, China, dan Global Liberation Army (GLA).

Meskipun China menjadi salah satu faksi utama di dalam game ini, pemerintah China justru memandang game ini sebagai game buruk dan melarang peredarannya di negara mereka.

Pemerintah China beralasan bahwa game ini merusak image China dan tentaranya. Terlebih lagi di game ini pemain akan menyerang beberapa target krusial yang dekat dengan China sperti Three Gorges Dam.

Football Manager 2005 (PC & Mac)

Slogan seputar olahraga yang sering kali terdengar adalah olahraga harus terbebas dari jeratan politik agar lebih adil dan berimbang. Tetapi hal ini tidak berlaku di kasus kali ini.

Football Manager adalah game simulasi di mana pemain akan berperan sebagai seorang pelatih sepak bola, dan diberi tugas untuk menangani suatu klub tertentu.

Pemerintah China melarang game ini karena Taiwan dan Tibet dianggap sebagai negara yang berdiri sendiri dan bukan di bawah China.

Pihak developer dari game ini kemudian mengedit hal tersebut dan versi globalnya kemudian di rilis di seluruh dunia.

I.G.I.-2: Covert Strike (PC)

Permainan Game yang satu ini merupakan game tactical shooter, di mana simulasi pertempuran di dalamnya di buat serealistis mungkin dan pemain selain mengandalkan akurasi juga harus menggunakan taktik untuk bertahan hidup.

Antagonis utama di dalam game ini adalah seorang jendral asal China yang bernama Wu Xing yang melakukan banyak kejahatan menggunakan kekuatannya.

Hal ini dilihat sebagai sesuatu yang bisa membuat image tentara China menjadi buruk di mata internasional oleh pemerintah China.

Lagi-lagi China melarang beredarnya suatu game di negaranya karena berpotensi untuk menghancurkan image mereka.

Plague Inc. (Android, iOS, Windows Phone)

Game strategi mobile yang satu ini sebetulnya, tidak dilarang pada awal masa perilisannya hingga awal tahun ini. Tetapi semenjak adanya wabah virus Corona pemerintah China menarik game ini dari peredaran.

Di dalam game strategi ini. Pemain harus membuat satu jenis virus tertentu untuk kemudian disebarkan dengan tujuan untuk membunuh seluruh umat manusia.

Ditengah upaya pemerintah China dalam memerangi penyebaran virus Corona, badan cyber China kemudian melarang peredaran game ini dengan alasan adanya konten ilegal di dalamnya.

Konten ilegal seperti apa yang dimaksud pun tidak begitu jelas, dan kenapa baru terdeteksi saat ini karena game ini sudah dirilis bertahun-tahun lamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.