02/12/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

48 Rumah Rusak Diterjang Banjir Bandang di Aceh Tenggara

1 min read
48 Rumah Rusak Diterjang Banjir Bandang di Aceh Tenggara

48 Rumah Rusak Diterjang Banjir Bandang di Aceh Tenggara – Banjir bandang menerjang Aceh Tenggara kemarin. Akibatnya, puluhan rumah warga mengalami kerusakan.

“Rumah rusak ringan dan berat 48 unit. Banjir terjadi tadi malam,” kata Kepala BPBD Aceh Tenggara, Mohd Asbi saat dimintai konfirmasi, Minggu (15/11/2020).

Banjir bandang terjadi sekitar pukul 22.30 WIB, Sabtu (14/11). Kawasan Aceh Tenggara memang diguyur hujan deras kemarin sore.

Asbi mengatakan banjir menerjang Kecamatan Deleng Phokisen serta Kecamatan Lawe Bulan. Banjir menyebabkan 10 rumah rusak berat yang tersebar di sejumlah daerah.

( Baca Juga : Napi Coba Seludupkan Sabu Ke Lapas Jombang )

Ada 5 rumah Di Kecamatan Lawe Bulan rusak berat, yang tersebar di Desa Lawa Sagu Hulu dan Desa Kandang Belang Mandiri. Kemudian 5 rumah lagi di Desa Kati Jeroh, Kecamatan Deleng Phokisen.

Sedangkan rumah yang rusak ringan tersebar di tiga desa dalam dua kecamatan. Asbi menyebut sumber banjir dari satu sungai yang bermuara ke dua kecamatan tersebut.

“Hulunya satu tapi sungainya terpecah ke dua kecamatan,” jelas Asbi.

Masyarakat Lawe Sagu Hulu mengungsi ke daerah pegunungan dan rumah keluarganya yang aman dari banjir bandang tersebut,” ujarnya.

Sejak sepekan ini hujan deras di Aceh Tenggara. Kemungkinan, akibat lama kelamaan air luapan membawa kayu gelondongan ke Sungai Lawe Uning.

Saat ini satu unit alat excavator milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara masih bekerja membersihkan material yang tersumbat di jembatan.

Petugas BPBD dibantu TNI-Polri saat ini masih membersihkan puing-puing sisa banjir. Menurut Asbi, warga yang rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah saudara.

Type a message

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.