28/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

3 Warga Bandung Barat Meninggal Dunia Akibat DBD

2 min read
3 Warga Bandung Barat Meninggal Dunia Akibat DBD

LajuBerita – Ditengah pendemi COVID-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barat mencatatat ada tiga warga meninggal dunia yang diakibatkan oleh Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sementara jumlah ornag yang terkena DBD di KBB sejak Januari hingga akhir Mei tercatat ada 576 orang yang tersebar di beberapa kecamatan namun yanga terbanyak ada di Kecamatan Cihampelas.

Jika berkaca pada musim hujan 2018, Dinkes KBB mencatat ada 429 kasus BDB dan dua di antaranya meninggal dunia. Lalu pada bulan Januari 2019, ada 238 kasus DBD di KBB.

Kepala Bindang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan KBB Dewi Murniati menginformasikan peningkatan kasus DBD tercatat, paling banyak terjadi pada awal tahun 2020.

“Memang kita sedang fokus kepada COVID-19, tapi ternyata ada bahaya lain dari DBD ini juga. Saat ini 576 orang terjangkit DBD dan tiga orang meninggal dunia. Peningkatan itu di bulan Januari awal pada tahun 2020,” jelas Dewi.

Baca Juga : Mahkamah Agung Tolak Gugatan Artis Ruben Onsu Soal Merek Geprek Bensu.

Warga yang terjangkit DBD itu rata-rata berusia 15 hingga 44 tahun. Saat ini pasien DBD ada yang dirawat di rumah sakit, puskesmas, dan ada yang sudah diperbolehkan untuk pulang.

“Pasien DBD itu ada yang dirawat di rumah sakit dan ada juga yang dirawat di Puskesmas. Tergantung kondisinya saja. Ada yang sudah sembuh jadi sudah boleh pulang juga,” ujarnya.

“Tentu pancaroba ini jadi puncak DBD. Kita juga rutin laksanakan fogging sejak awal tahun kemarin sampai sekarang. Ditambah edukasi ke masyarakat juga,” terangnya.

Pihaknya meminta peran aktif masyarakat untuk menangani penyebaran nyamuk Aedes Aegepty dengan cara lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan

“Minimal lakukan pembersihan lingkungan tempat tinggal. Tidak membiarkan wadah atau tempat jadi sarang perkembangbiakan nyamuk DBD,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.