19/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

22 Rumah di Aceh Selatan Rusak Akibat Diterjang Gelombang Tinggi

1 min read
22 Rumah di Aceh Selatan Rusak Akibat Diterjang Gelombang Tinggi

LajuBerita – Sebanyak 22 unit rumah warga rusak di pesisir Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh seusai diterjang ombak setinggi tiga meter.

Sebulan terakhir di perairan Samudera Hindia terjadi cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Dari 22 unit rumah warga yang dihantam ombak laut itu adalah di pesisir pantai Desa Gung Kerambi 12 unik dan lainnya di Desa Hilir. Selain merusakkan dinding, terjangan air juga masuk ke dapur rumah warga.

Bahkan sebagian rumah warga nelayan itu terkikis bagian bawahnya. Guna menahan ombak, warga memasang karung berisi pasir pada bagian dapur dan belakang rumah. Sayangnya ketika dihantam ombak, hempasan air asin itupun juga masuk ke dalam.

Baca Juga : Pemkot Bekasi Memperbolehkan Tempat SPA Hingga Karaoke Beroperasi Pekan Depan.

“Kami 12 keluarga disini, bergotong royong memasang karung pasir didapur rumah, tapi air tetap masuk ke dapur. Kadang terjadi ditengah malam: kata Suwardi, warga Desa Gunung Kerambi, Sabtu, 6 juni 2020.

Menurut warga, abrasi laut di sepanjang pantai setempat sejak lima tahun terakhir. Setiap musim gelombang besar pasti akan memasuki rumah rumah di bibir pantai tersebut. Kondisi paling parah sejak sebulan terakhir, sehingga telah merusakkan dinding dan bagian bawah rumah.

Warga berharap kepada pemerintah membangun pemecah ombak di sepanjang bibir pantai itu. Kalau tidak ditangani secepatnya akan dikhawatirkan kerusakan bisa melebar lagi sehingga puluhan keluarga harus dievakuasi ke lokasi lain yang lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.